Menyusuri Keindahan Alam Curug Tonjong Tasikmalaya
pada Feb 13, 2017 | 10:02 WIB
Menyusuri Keindahan Alam Curug Tonjong Tasikmalaya
Curug Tonjong Tasikmalaya. Fajar Sukma/AyoBandung.

TASIK, AYOTASIK.COM -- Tak jauh dari pusat Kota Tasikmalaya dengan jarak tempuh waktu sekitar 20 menit berkendara, bercokol sebuah curug (air terjun) yang memiliki keindahan alam mempesona.

Satu-satunya curug yang ada di Kota Tasikmalaya ini bernama Curug Tonjong. Curug ini memiliki bentuk seperti undakan-undakan yang tersusun dari batuan yang tingginya 2-5 meter.

"Di sana pengunjung bisa menemukan 2 curug dengan jarak masing-masing curug sekitar 500 meter," kata Kepala Bidang Pariwisata Disbudparpora Kota Tasikmalaya kepada AyoTasik.

Menurutnya, lokasi wisata ini masih dalan tahap pengembangan. Meskipun begitu, setiap weekend Curug Tonjong ramai dikunjungi para pemuda lokal.

"Saat ini belum dikenai biaya retribusi alias gratis,"ucapnya.

Ia menututkan air di Curug Tonjong berasal dari sungai Cibangbay. Di sana pengunjung bisa merasakan ketenangan jiwa ketika mendengar gemercik air dan rimbunnya pepohonan di sekitar curug yang masih alami.

"Lokasi ini juga bagus untuk foto-foto,"ungkapnya.

Curug Tonjong terletak di Desa Cipeusing, Kelurahan Setiawargi Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya.

Untuk menuju lokasi, pengujung akan melewati sebuah perkampungan yang unik dan tradisional dengan bangunan rumah panggung yang khas. Selain itu, di sepanjang jalan juga terhampar sawah ladang luas yang memanjakan mata.

Akses jalan menuju lokasi bagus. Namun, hanya bisa dilalui kendaraan roda empat dan dua. Sementara kendaraan bus harus parkir dengan jarak yang jauh.

Untuk mencapai titik curug, pengujung akan melewati sejumlah anak tangga. Disarankan berjalan pelan dan hati-hati karena licin.

Sayangnya, di lokasi belum tersedia area parkir yang ideal. Masih mengandalkan halaman rumah warga. Selain itu, perawatannya juga masih minim karena pengelola hanya mengandalkan masyarakat sekitar. (Fajar Sukma)

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600