Menikmati Keindahan Si Kembar Curug Ciparay
pada Feb 23, 2017 | 13:20 WIB
Menikmati Keindahan Si Kembar Curug Ciparay
Pemandangan Curug Ciparay, Kabupaten Tasikmalaya. (AyoTasik/Fajar Sukma)

TASIK, AYOTASIK.COM – Dua aliran air deras yang terjun ke bawah itu dikelilingi dinding batu yang berdiri tegap. Menimpa bebatuan besar yang ada di bawahnya dan menyebarkan percikan air untuk apapun yang ada di sekelilingnya. Lanskap itu yang membuat Curug Ciparay mempesona. Tak sampai di situ, suara burung yang bernyanyi di sekitar hutan pun buat kita sulit untuk beranjak

Curug yang terletak di kaki Gunung Karacak dan Gunung Dinding Ari, Desa Cidugaleun, Kabupaten Tasikmalaya ini masih terbilang perawan. Karenanya, belum terlalu banyak orang yang berkunjung. Di tempat ini kita bisa menikmati pesona dan gemuruh air terjun yang di tengah rimbunnya hutan.

Debit air yang cukup besar dan kolam penampungan airnya yang hanya setinggi lutut orang dewasa bisa digunakan untuk mandi atau berendam. Atau bisa juga hanya sekedar memotret lanskap si curug kembar

Berada di wilayah BKPH Singaparna dan KPH Tasikmalaya, curug setinggi 75 meter dan 55 meter ini bisa ditempuh dari Garut dengan jarak 40 kilometer atau sejauh 30 kilometer dari Tasikmalaya menuju Singaparna. Tenang saja, medan perjalanan tidak terlalu sulit untuk ditempuh oleh kendaraan bermotor. Ya, mungkin hanya sedikit bagian yang membutuhkan effort lebih untuk mencapainya.

Tak perlu khawatir bagi Anda yang tidak berkendaraan pribagi. Pasalnya, tersedia angkutan umum pedesaan yang bisa mengantar Anda hingga Cidugaleun. Selanjutnya, jalan bisa ditempuh dengan jalan kaki atau menggunakan ojek untuk menuju gerbang utama Curug Ciparay.

Tapi jangan senang dulu. Perjalanan masih terus berlanjut! Dibutuhkan perjalanan sejarak 2 kilometer untuk menuju lokasi curug melalui jalan setapak. Jalanan yang terjal dengan kompleks bebatuan menurun akan menemani perjalanan Anda. Kemudian, voila, di depan mata akan nampak si curug kembar yang melambai-lambaikan tangannya mengajak Anda bermain bersamanya.

(Fajar Sukma)

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600