PT KAI Akan Luncurkan Kereta Rail Clinic Baru Lengkap Dengan Perpustakaan
pada Feb 27, 2017 | 16:19 WIB
PT KAI Akan Luncurkan Kereta Rail Clinic Baru Lengkap Dengan Perpustakaan
Ilustrasi PT KAI (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

TASIK, AYOTASIK.COM -- PT Kereta Api Indonesia berencana luncurkan kereta Rail Clinic generasi keempat bulan Mei mendatang. Berbeda dengan pendahulunya yang hanya dua gerbong, kini kereta Rail Clinic akan hadir sebanyak empat gerbong.

Manager Humas PT KAI DAOP 2, Joni Martinus mengatakan, generasi yang keempat ini merupakan kereta rail clinic yang paling ciamik dari yang lainnya. "Direncanakan bulan Mei nantu selesai dengan dua gerbong untuk pelayanan kesehatan, dua gerbong lagi untuk perpustakaan," katanya kepada AyoTasik, Senin (27/2).

Joni menuturkan, kereta Rail Clinic ini merupakan hasil karya anak bangsa. Sebab, pembuatan serta desainnya dibuat langsung oleh PT KAI. "Dulunya ini adalah kereta rel diesel. Setelah dimodifikasi jadilah seperti ini,"katanya.

Menurut Joni, kereta yang berkunjung ke Stasiun Indihiang ini adalah generasi yang pertama. Kereta ini beroperasi di pulau Jawa dari DAOP 2 sampai DAOP 9 atau dari Jakarta sampai Jember.

"Di dalamnya ada 4 ruangan,yaitu ruangan pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan kesehatan gigi, pemeriksaan kesehatan mata dan pemeriksaan kehamilan," jelas Joni.

Setelah diresmikan sejak Desember 2015 silam, kereta ini terus bergerak menuju daerah-daerah yang sudah diatur penjadwalannya. Joni menyatakan Generasi keduanya beroperasi di wilayah Sumatera dan tanjung karang. Sedangkan generasi ketiga akan segera diluncurkan ke Medan Sumatera Utara.

Joni berujar, sasaran utama dari kereta Rail Clinic ini adalah daerah-daerah terpencil yang minim akses kesehatan. Dengan harapan, masyarakat bisa lebih mencintai lagi kereta api.

"Dari segi sarana dan prasarana sudah bisa dibilang lengkap. Bahkan, sudah ada laboratoriumnya pula di dalam,"terangnya.

(Fajar Sukma)

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600