Tasik Bakal Punya Perpustakaan Syariah
pada Mar 12, 2017 | 18:40 WIB
Tasik Bakal Punya Perpustakaan Syariah
Ilustrasi (pixabay.com)

TASIK, AYOTASIK.COM -- Pemerintah Kota Tasikmalaya berencana membangun perpustakaan syariah tahun depan. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta minat baca masyarakat.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya, Oslan Khaerul Falah mengatakan, perpustakaan syariah ini nantinya akan menyediakan kitab-kitab kuning dari para kiai, baik dari dalam maupun luar daerah bahkan sampai mancanegara. Lalu, konsep ruang bacanya sendiri akan dibuat terpisah antara pembaca pria dan wanita.

"Untuk merealisasikannya memang dibutuhkan tempat yang strategis," kata Oslan baru-baru ini.

Oslan mengatakan, saat ini pihaknya sudah mengusulkan untuk merelokasi gedung Lembaga Pemasyarakatan (LP) Tasikmalaya di Jalan Otista untuk dijadikan perpustakaan. Namun, sejauh ini proses relokasi tersebut baru sampai tahap komunikasi dengan pihak pusat dengan jumlah anggaran yang diperlukan sekitar Rp 10 milyar.

"Segudang program telah didaftarkan untuk direalisasikan di kegiatan pembangunan tahun depan," ucap Oslan.

Lebih lanjut, Oslan menuturkan, beberapa program yang tercatat di antaranya upaya perbaikan fasilitas gedung, penambahan unit kendaraan perpustakaan keliling untuk sepuluh kecamatan, pembangunan gedung perpustakaan di setiap kantor kelurahan dan membentuk perpustakaan syariah.

"Harapannya, semua upayanya itu bisa terealisasi sesuai perencanaan yang ada dan berdampak positif terhadap meningkatnya minat baca masyarakat Kota Tasikmalaya," tutur Oslan.

Selain itu, Oslan juga mengatakan bahwa pihaknya berencana akan merekrut banyak pustakawan profesional untuk membuka perpusatakaan yang tersebar di banyak titik di wilayah Kota Tasikmalaya. Agar, masyarakat mudah menjangkaunya jika membutuhkan buku-buku bacaan.

"Selain perpustakaan keliling dan kelurahan, masyarakat juga bisa datang ke Perpustakaan yang dibuka oleh para Pustakawan tersebut," ujar Oslan.

Selain itu, hasil kerjasama yang dijalin dengan sekolah-sekolah yang selama ini berjalan pun tetap bisa dikunjungi.

(Fajar Sukma

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600