Ini Dia Lima Curug Terlebar di Tasik
pada May 23, 2017 | 19:00 WIB
Ini Dia Lima Curug Terlebar di Tasik
Curug Gedus. @amazingtasikmalaya

TASIK, AYOTASIK.COM -- Wilayah Kabupaten Tasikmalaya memang dianugerahi puluhan curug eksotis nan indah. Keindahan tiap curugnya sudah tidak diragukan lagi. Namun, tahukah anda ada sejumlah curug yang memiki lebar tebing lebih luas dari yang lain. Berikut lima curug di Tasik yang dimaksud.

1. Curug Gedus
Secara administratif Curing Gedus, berada di Dusun Bubuay, Desa Sepatnunggal, Kecamatan Sodong Hilir. Curug ini bentuknya melebar sekitar 50 meter seperti busur atau hampir setengah melingkar. Biasanya curug adalah garis horisontal tetapi ini agak melengkung. Sedangkan tinggi curug sekitar 20 meter. Curug ini diklaim sebagai curug terlebar di Tasik. Banyak pengunjung yang datang untuk menjadikannya latar foto dan bermain air. Namun, untuk mencapai lokasi, pengunjung harus berjuang keras karena akses jalannya belum tersentuh pemerintah.

2. Curug Dengdeng
Curug Dengdeng terletak di Desa Cogreg, Kecamatan Cikatomas, Tasikmalaya. Curug ini sebenarnya lebih populer dibanding yang lain. Curug ini memiliki bentuk air terjun dengan tiga tingkat. Pada tingkatan yang pertama, curug ini memiliki ketinggian sekitar 13 meter. Pada tingkatan kedua, memiliki ketinggian sekitar 11 meter. Sedangkan pada tingkatan yang ketiga dan memiliki ketinggian sekitar 9 meter. Di sini pangunjung dapat menikmati keseluruhan air terjun dari bawah. Curug akan terlihat jelas bedengan dan memantulkan sinar matahari yang memancar. Dibawah air terjun yang terakhir akan nampak sebuah kolam besar dengan air yang sejuk dan jernih.

3. Curug Koja
Air terjun nan indah ini berlokasi di di Kampung Mekarsari Desa Linggalaksana, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya. Curug ini punya ketinggian sekitar 70 meter. posisinya pun cukup vertikal. Sehingga, jadi benar benar curam. Keindahan dari curug ini akan terlihat jika curah hujan yang lumayan. Sehingga, membuat  curug ini lebih indah jika kondisi debit air sedang tinggi.

4. Curug Cileutak
Secara administratif, Curug Cileutak berada pada perbatasan antara Desa Sindangasih, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya dengan Kampung Leuwi Leutak/Cikarees, Desa Harumandala, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Aliran air Curug Cileutak berasal dari aliran Sungai Cileutak. Curug Cileutak termasuk air terjun yang memiliki dinding lebar. Lebar Curug Cileutak kurang lebih 20 m dengan ketinggian sekitar 10 – 15 m. Dinding air terjun yang cukup lebar, menjadikan Curug Cileutak dapat termasuk ke dalam klasifikasi Block Waterfall yaitu air terjun dengan karaktersitik aliran sungai dan dinding air terjun yang cukup lebar. Selain itu, Curug Cileutak juga dapat diklasifikasikan ke dalam tipe Horsetail. Aliran jatuhannya tetap mempertahankan kontak dengan dinding air terjun secara terus menerus.

5. Curug Cimaranteng
Curug ini berada di Desa Sukamulih, Kecamatan Sariwangi. Akses menuju tempat ini dapat kita jangkau dari jalan raya Singaparna, sebelum bundaran Singaparna apabila dari arah Tasikmalaya kemudian masuk ke jalan menuju Sariwangi. Curug ini punya ketinggian sekitar 50 meter, lumayan tinggi dan jernih airnya. Tidak terlalu deras, tapi tidak kecil. Cocok buat basah-basahan. Curug ini merupakan limpahan langsung dari aliran air Batu Mahpar. (Fajar Sukma)

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600