Untuk Kali Pertama, Perpustakaan Benda Kuno Bakal Ada di Tasik
Oleh Fajar Sukma Wicaksono, pada Aug 01, 2017 | 17:34 WIB
Untuk Kali Pertama, Perpustakaan Benda Kuno Bakal Ada di Tasik
Fosil batuan-batuan kuno. (AyoTasik/Fajar Sukma)

TASIK, AYOTASIK.COM -- Komunitas Tapak Karuhun Aptarasa berencana membangun perpustakaan peninggalan-peninggalan zaman dahulu hasil temuannya di kantor sekretariatnya di Jalan Tentara Pelajar, Tasikmalaya pada tahun ini. Perpustakaan ini diklaim merupakan satu-satunya di wilayah Tasikmalaya.

Divisi Purbakala dan Nilai Tradisi Tapak Karuhun Aprarasa, Dede Rahmat mengatakan, rencananya membangun perpustakaan peninggalan-peninggalan zaman purba bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Perpustakaan ini pun kelak bakal terbuka untuk umum.

"Karena tempatnya belum memadai kami istilahkan dulu perpustakaan, belum jadi museum. Meskipun begitu, masyarakat bisa melihat dan mengenal peninggalan-peninggalan bersejarah zaman dahulu yang ada di Tasikmalaya," kata pria yang akrab disapa Dera ini kepada AyoTasik, Selasa (1/8/2017).

Dera menuturkan, ada banyak temuan yang nantinya akan diperlihatkan pada masyarakat. Mulai dari jenis batuan berusia jutaan tahun, pakarang atau alat serupa gerabah, keris, kujang, fosil, naskah kuno dan banyak lagi.

"Semua punya keterangan masing-masing. Mulai dari nama dan identitas, kegunaan dan deskripsi mengenai peninggalan-peninggalan tersebut. Tentunya akan memberikan tambahan wawasan bagi masyarakat," terang Dera. 

Menurutnya, saat ini pihaknya terus mengumpulkan peninggalan-peninggalan yang belum diinventarisasi. Adapun yang sudah ada antara lain semua data situs keramat, tokoh, kabuyutan, batuan budaya dulu, batuan semi permata, batuan purba, kandungan mineral dan banyak lagi.

"Kami ingin membuktikan sekaya apa sih Indonesia ini. Sebab, selain kita tahu nanti juga jadi pemahaman bagi orang lain yang ingin tahu lebih dalam," ujarnya. 

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600