Kota Tasik Masih Minim Unggulan Wisata
Oleh Fajar Sukma Wicaksono, pada Aug 23, 2017 | 15:32 WIB
Kota Tasik Masih Minim Unggulan Wisata
Suasana Kota Tasik

TASIK, AYOTASIK.COM--Wakil Komisi X DPR RI Dapil Kota/Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Garut Ferdiansyah menyebutkan Kota Tasikmalaya belum punya ruh karakter wisata. Sebab, belum ada ciri khas yang jadi pembeda dan bisa ditonjolkan.

Ferdiansyah mengatakan perlu ada pemetaan berdasarkan survei di lapangan apa sebenarnya karakter budaya asli Kota Tasikmalaya. Agar, punya daya tarik dan bisa dijual kepada masyarakat.

"Misalnya untuk kuliner sering disebut Tasik kaya akan mie baso. Tapi, perlu diteliti lagi baso ini asalnya dari mana. Kebanyakan dilapangan justru penjualnya dari Wonogiri," katanya kepada AyoTasik, Rabu (23/8/2017).

Ia menuturkan seharusnya pemerintah daerah memikirkan adanya kuliner yang memang ciri khas Tasikmalaya. “Di sini memang sudah ada Ampera, MC Donald dan lainnya, tapi itu ciri khas Tasik bukan. Itu yang harus dipikirkan,” katanya.

"Perlu dibuat sejumlah kegiatan-kegiatan yang orang lain tidak punya. Tapi, kegiatannya harus berbasis budaya," ujarnya.

Menurut Ferdy, jika melihat daerah Bayuwangi, mereka mampu membuat event sekitar 76 dalam satu tahun. Harusnya, Kota Tasik harus bisa meniru. Toh, anggaran APBD-nya pun sebenarnya tidak beda jauh.

"Yang jadi masalah, orang datang ke Kota Tasikmalaya tidak bisa melihat wisata atraksi atau pertunjukan. Jadi, apa yang bisa ditonton," tuturnya.

Sektor industri kreatif yang menjadi andalan pun harus dibenahi. Bagaimana infrastruktur dibuat menjadi menarik. Desain produknya diinovasi lagi dan banyak lagi.

"Pemda harus segera buat ciri khas Tasik. Anggaran jangan jadi alasan  Karena memang harus dibuat. Sekarang tinggal masalah kemauan saja sebenarnya," tegasnya.

Editor : Adi Ginanjar
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600