Situ Gede Terbengkalai, Warga Pertanyakan Hasil Penjualan Tiket Masuk
Oleh Fajar Sukma Wicaksono, pada Feb 06, 2018 | 19:00 WIB
Situ Gede Terbengkalai, Warga Pertanyakan Hasil Penjualan Tiket Masuk

CIHIDEUNG, AYOTASIK.COM -- Sejumlah warga mempertanyakan manfaat hasil dari tiket masuk ke lokasi wisata Situ Gede. Sebab, sudah sejak lama fasilitas di Situ Gede dianggap tidak mengalami peningkatan bahkan terkesan diabaikan.

Seorang pengunjung Situ Gede, Yan Sopyan (32) warga Indihiang, mengatakan sudah sejak lama pemadangan sampah kiriman menghiasi Situ Gede. Hal ini jelas mengganggu keindahan alamnya.

"Pengunjung yang datang kan masuk ke sini bayar. Tapi kok enggak terawat. Banyak sampah berikut area jogging track pun sudah hancur," katanya, Selasa (6/2/2018).

Sopyan mempertanyakan kemana larinya biaya tiket masuk yang dipungut pengelola. Sebab, biaya tiket masuk tersebut sepenuhnya masuk ke kas Pemerintah Kota Tasikmalaya.

"Meskipun ini katanya aset Pemprov Jabar, tapi kan tiket masuknya ke kas Pemkot Tasik. Apa tetap harus menunggu Pemprov Jabar yang menangani?," tanyanya.

Sementara itu, salah satu petugas tiket masuk yang namanya tidak ingin disebutkan mengakui bahwa tiket masuk memang dikelola sepenuhnya oleh Pemkot Tasikmalaya dalam hal ini Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya dengan memberdayakan masyarakat setempat.

"Kami paling mendapat 10% dari tiket masuk. Ibaratnya, kalau dapat Rp10.000 kami dapat Rp1.000. Namun, mengenai pengelolaannya tidak tahu," ucapnya.

Kepala Seksi Destinasi Wisata Disporabudpar Kota Tasikmalaya, Fina, menyatakan tidak tahu mengenai pemanfaatan biaya tiket masuk tersebut selanjutnya. Namun, yang pasti hasil dari tiket masuk langsung masuk ke kas negara.

"Uangnya masuk ke kas negara. Jadi, kami tidak mengelola langsung hasil dari tiket tersebut. Adapun anggaran untuk pemeliharaan Situ Gede, itu sudah berupa kegiatan yang didanai APBD Kota Tasikmalaya," jelasnya.

Menurutnya, anggaran tersebut hanya sebatas untuk kegiatan pembabatan rumput dengan kata lain untuk kebersihan. Namun, tahun ini anggaran tersebut memang belum turun.

"Sebenarnya aset milik Pemkot Tasikmalaya di Situ Gede hanya sebatas bagian bukitnya saja. Selebihnya milik Pemprov Jabar," paparnya.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600