Bupati Uu Respon Positif Kebijakan Ambil Zakat 2,5% Bagi ASN
Oleh Fajar Sukma Wicaksono, pada Feb 10, 2018 | 21:49 WIB
Bupati Uu Respon Positif Kebijakan Ambil Zakat 2,5% Bagi ASN
Uu Ruzhanul Ulum. (Fajar Sukma/ayotasik)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum merespon positif wacana pemerintah pusat yang akan mengambil zakat sebesar 2,5 persen  bagi setiap Aparatur Sipil Negara (ASN).

Uu mengatakan, langkah ini sebenarnya sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya jauh sebelum wacana kebijakan tersebut muncul. Dengan adanya kebijakan tersebut, akan semakin mendorong upaya pengambilan zakat bagi ASN di Kabupaten Tasikmalaya.

"Bak gayung bersambut, langkah tersebut tentu sangat kami dukung. Sebab, manfaatnya sangat besar bagi masyarakat yang membutuhkan," katanya, Sabtu (10/2/2018).

Ia menuturkan, Pemkab Tasikmalaya bersama Kemenag dan BAZ pernah menghitung dari hasil zakat yang diterima baik dari zakat fitrah, zakat mal maupun sedekah itu bisa mengimbangi PAD di Kabupaten Tasikmalaya.

"Artinya, apa yang didapat bisa kembali lagi ke masyarakat secara maksimal. Khususnya bagi warga yang membutuhkan," ungkapnya.

Menurutnya, masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya semuanya bisa sadar akan pentingnya zakat. Terutama bagi mereka yang ekonominya sudah mapan. Jadi, tidak hanya dibebankan pada ASN.

"Kalau kebijakan itu datang dari pemerintah biasanya masyarakat suka taat. Contoh pajak STNK. Tapi, kalau hanya kesadaran secara agama kadang susah. Oleh sebab itu, pemerintah harus hadir," paparnya.

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600