Pemkot Tasik Siap Cetak 400 Wirausahawan Baru Sektor Perindag
Oleh Fajar Sukma Wicaksono, pada Feb 14, 2018 | 13:38 WIB
Pemkot Tasik Siap Cetak 400 Wirausahawan Baru Sektor Perindag
Ilustrasi pengusaha Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). (Antara)

TAWANG, AYOTASIK.COM -- Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Tasikmalaya menargetkan 400 wirausahawan baru tahun 2018. Program ini merupakan bagian rencana Pemerintah Kota Tasikmalaya untuk mencetak 5.000 wirausahawan baru dalam lima tahun.

Kepala Dinas KUMKM Perindag Kota Tasikmalaya, Firmansyah, menyebutkan hingga saat ini yang telah mendaftar program tersebut sekitar 700 orang. Namun, untuk tahun ini target pencetakan wirausahawan baru dibatasi hingga 400 orang saja sehingga akan dilakukan seleksi.

"Ada banyak jenis usaha yang nantinya akan dibantu. Seperti kelom geulis, perbengkelan, salon dan banyak lagi," katanya, Rabu (14/2/2018).

Ia menuturkan setelah menempuh tahap seleksi, para peserta wirausahawan baru ini akan diarahkan ke sektor usahanya melalui pemetaan. Setelahnya, para peserta menjalani pelatihan dan pembinaan dari narasumber yang kompeten.

"Dari 400 peserta itu setengahnya untuk sektor perdagangan, setengahnya lagi untuk perindustrian," ucapnya.

Firmansyah mengatakan lebih lanjut salah satu program inovatif lainnya yang akan didorong adalah peningkatan kemampuan industri usaha kecil menengah. Termasuk salah satunya penggunaan teknologi dalam menjalankan usahanya.

"Koperasi-koperasi juga sudah diarahkan untuk menggunakan sistem online. Sehingga, untuk menginput data, pemasaran dan lainnya sudah memanfaatkan sistem IT, " paparnya. 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600