Lewat Musrembang RKPD, Pemkot Siapkan 267 Rencana Program Tahun 2019
Oleh Fajar Sukma Wicaksono, pada Mar 14, 2018 | 20:24 WIB
Lewat Musrembang RKPD, Pemkot Siapkan 267 Rencana Program Tahun 2019
Musrembang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tingkat Kota Tasikmalaya. (Fajar Sukma/ayotasik)

CIPEDES, AYOTASIK.COM -- Melalui Musrembang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tingkat Kota Tasikmalaya, Pemerintah Kota Tasikmalaya menyiapkan 267 rencana program dan 1.584 rencana kegiatan pada tahun 2019 mendatang.

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman mengatakan, dana untuk sejumlah rencana program dan kegiatan tersebut dari APBD mencapai sekitar Rp 600 miliyar, APBD Provinsi sekitar Rp 1 triliun, dan APBN sekitar Rp 1 triliun.

"Yang menjadi prioritas dalam bahasan RKPD 2019 ialah peningkatan SDM yang berkualitas didukung pembangunan infrastruktur untuk pelayanan publik yang prima," katanya, Rabu (14/3/2018).

Hal tersebut, perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan, kesehatan, sosial. Di antaranya pelatihan ketenagakerjaan untuk mendorong para wirausaha baru. Sehingga, Kota Tasik memiliki daya saing disamping meningkatkan daya beli masyarakat dan mengentaskan kemiskinan dan pengangguran.

"Saat ini angka pengangguran masih tinggi berada di angka 6 persen," sebutnya.

Menurutnya, untuk pengentasan kemiskinan, pekerjaan rumah Pemkot Tasikmalaya adalah mencetak para tenaga ahli yang terampil dalam bidang pendidikan dan kesehatan khususnya.

"Rekapitulasi usulan anggaran dalam RKPD 2019 yang dikeluarkan Bappelitbangda Kota Tasikmalaya, memperlihatkan kebutuhan anggaran sekitar Rp 2 triliun," ungkapnya.

Usulan anggaran tersebut berasal dari empat sektor yang di antaranya sektor ekonomi, sosial budaya, pemerintahan, infrastruktur dan pengembangan wilayah.

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600