Dede Yanti Ingin Ciptakan Destinasi Wisata Lebah
Oleh Fajar Sukma Wicaksono, pada Mar 29, 2018 | 14:47 WIB
Dede Yanti Ingin Ciptakan Destinasi Wisata Lebah
Dede Yanti (kiri) bersama jajaran Pemerintah Kota Tasikmalaya. (ayotasik/Fajar Sukma)

KAWALU, AYOTASIK.COM -- Menjadi pelopor budidaya lebah di Kota Tasikmalaya, Ketua Kelompok Tani Teratai Dede Yanti bercita-cita membangun objek wisata lebah pertama di Kota Santri.

Ide itu muncul di benak Dede lantaran belum adanya destinasi wisata serupa di Kota Tasikmalaya. Dede meyakini jika potensi wisata lebah cukup besar. Namun sayang, hinggga kini belum ada lahan yang bisa Dede gunakan.

"Setidaknya butuh sekitar tiga hektar luas tanah untuk membangun wisata lebah," katanya kepada ayotasik, Kamis (29/3/2018).

Dalam wisata lebah nanti, Dede menerangkan, nantinya akan ada beberapa fasilitas yang ditawarkan kepada para pengunjung. Misalnya saja, terapi sengat lebah, penelitian bagi para mahasiswa atau pelajar, dan wisata edukatif tentang cara memanen madu dari sarang lebah.

"Keamanan tentu diperhatikan, misalnya saat memanen madu dari sarang, pengunjung menggunakan sarung penutup kepala dan lainnya," ujarnya.

Sebelumnya, ada salah satu perusahaan swasta yang mendatanginya dan mengajaknya bekerja sama untuk membangun wisata lebah di Kota Tasikmalaya. Namun, untuk saat ini dirinya masih belum berani.

"Dulu ada yang menawarkan bantuan senilai Rp300 juta. Tapi, saya belum begitu tertarik kalau sistem kerja sama begitu. Penginnya lahannya langsung punya sendiri," ucapnya.

Saat ini, Kelompok Tani Teratai yang dibinanya telah memiliki ratusan boks sarang lebah madu yang tersebar di wilayah Tasikmalaya. Ia berharap agar ke depan pemerintah bisa turut berpartisipasi mengembangkan budidaya lebah, sehingga impian kawasan wisata lebah bisa terwujud kelak.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600