Sekitar 400 Warga Tasik Kekurangan Gizi Kronis
Oleh Hengky Sulaksono, pada Apr 04, 2018 | 11:07 WIB
Sekitar 400 Warga Tasik Kekurangan Gizi Kronis
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM--Sedikitnya 400 warga Kabupaten Tasikmalaya dilaporkan mengalami stunting alias kekurangan gizi kronis. Keberadaan ratusan penderita membuat Kabupaten Tasik menempati urutan kelima daerah dengan angka stunting terbesar di Jawa Barat.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tasik, Yusep Yustiawandana, mengatakan jika berdasarkan hasil riset di tahun 2013, Kabupaten Tasik termasuk ke dalam 100 daerah dengan warga pengidap stunting yang tersebar di 6 kecamatan dan 10 desa.

"Jumlah totalnya 400 sekian untuk stunting. Upaya yang kami lakukan sekarang bagaimana agar di Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) 2018 ini bisa turun. Jadi tidak masuk lagi ke 100 (daerah dengan stunting)," kata Yusep, Rabu (4/4/2018).

Yusep menuturkan, jumlah pengidap stunting di Kabupaten Tasik terhitung tinggi dibanding dengan penderita di daerah lain. Salah satu penyebab tingginya angka stunting disebabkan oleh pengetahuan masyarakat yang masih minim ihwal jenis penyakit ini. 

"Makanya kami berupaya. Karena stunting ini terjadinya sebenarnya cikal-bakalnya pada remaja. Makanya kita upayakan misalnya si remaja putri itu harus diberi tablet Fe (zat besi). Makanya setelah kelahiran 1.000 hari yang disebut 1.000 emas itu penting diperhatikan. Kalau setelah kelahiran dia (bayi) posisinya berada di bawah 47 sentimeter, berarti dia stunting. Itu harus diberi makanan tambahan, sehingga kita upayakan sebelum dua tahun pertumbuhannya sudah maksimal,” kata Yusep menjelaskan.

Dampak stunting, ujar Yusep, bisa terjadi pada pertumbuhan otak si penderita. Pertumbuhan otak dengan stunting akan berjalan lamban dan kemampuan otaknya sulit dimaksimalkan. "Kami upayakan memberikan suplemen kepada para remaja putri, kemudian kita memberikan makanan tambahan kepada yang di bawah dua tahun," kata dia.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600