BPK RI Audit Kabupaten Tasikmalaya
Oleh Hengky Sulaksono, pada Apr 04, 2018 | 19:45 WIB
BPK RI Audit Kabupaten Tasikmalaya

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Badan Pemeriksa Keuangan mulai melakukan audit terhadap Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. Proses audit yang merupaka bagian dari pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah secara berkala ini, dilakukan dalam kurun 35 hari ke depan.

"Jadi audit intern sudah dilakukan dan insya Allah 35 hari ke depan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya akan diperiksa, diaudit oleh BPK RI," kata Inspektur Kabupaten Tasikmalaya, Iwan Saputra kepada wartawan, Rabu (4/4/2018).

Iwan menuturkan, beberapa poin yang akan diaudit BPK di antaranya mmencakup keandalan sistem pengendalian internal pemerintahan serta tingkat kepatuhan terhadap peraturan-peraturan yang berlaku. Semua transaksi yang dilakukan oleh jajaran pemerintah juga akan ditelusuri untuk membuktikan ada atau tidaknya kejanggalan.

"Dalam tiga tahun ini, alhamdulillah kita mendapatkan WTP (wajar tanpa pengecualian) dan mudah-mudahan, yah, dengan doa dan ikhtiar kita semua, menyangkut tadi tentang keandalan sistem pengendalian intern, termasuk juga tingkat kepatuhan kita, mudah-mudahan kita mendapatkan WTP lagi," ujarnya.

Dalam proses audit ini, terdapat beberapa persoalan yang kerap melanda pemerintah. Kelemahan yang biasa terjadi menyakut masalah keseukuran volume bangunan proyek infrastruktur yang dikerjakan pemerintah. BPK bakal melakukan pengecekan fisik terhadap bangunan-bangunan pemerintah.

"Laporan desa juga masuk, dilampirkan. Semua laporan keuangan desa itu sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari laporan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. Termasuk juga aset kita nanti akan dicek juga. Jadi, ya, kita berharap SKPD semua siap, dan mudah-mudahan hasilmya semua WTP lagi," ungkapnya. 

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600