Kemendikbud Rencanakan Buka Jurusan Perfilman SMK
Oleh Hengky Sulaksono, pada Apr 16, 2018 | 15:21 WIB
Kemendikbud Rencanakan Buka Jurusan Perfilman SMK
Ilustrasi. (pexels.com)

GARUT, AYOTASIK.COM--Geliat industri perfilman tanah air yang dinilai menunjukkan perkembangan tren positif beberapa tahun belakangan membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana membuka jurusan perfilman di Sekolah Menengah Kejuruan. Kemendikbud saat ini sudah siap merealisasikan rencana tersebut. 

"Sekarang kami sudah siapkan kurikulumnya, sudah disusun, dan dalam waktu dekat insya Allah akan segera direalisasikan," kata Kepala Pusat Pengembangan Perfilman Kemendikbud, Maman Wijaya, saat dijumpai di Garut, Senin (16/4/2018).

Maman menuturkan, pembukaan jurusan film ini harus segera direalisasikan guna menjawab kebutuhan pasar akan tenaga teknis perfilman. Menurutnya, di tengah tren positif perkembangan, industri film Tanah Air masih sering kekurangan tenaga teknis yang sesuai kebutuhan dan standar kualifikasi. 

"Orang-orang teknis di bagian perfilman itu masih sangat kurang. Ada banyak lulusan jurusan perfilman dari universitas, tapi pekerjaan teknis itu biasanya tidak perlu jenjang pendidikan tinggi. Jadinya (standar kualifikasi) mereka terlalu ketinggian. Nah, di sini ada ruang kosong buat lulusan-lulusan SMK," kata Maman membeberkan.

Pembukaan jurusan perfilman ini direncanakan bakal dilakukan di 18 SMK di seluruh Tanah Air. Kemendikbud telah mengantongi nama sejumlah SMK yang bakal menjadi pilot project di daerah dengan corak industri perfilman yang terbilang maju macam DKI Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

"Sebetulnya sekarang sudah ada 112 SMK-SMK yang memiliki jurusan broadcast, tapi bukan perfilman. Kalau nanti di jurusan perfilman itu, broadcasting jadi bagian yang dipelajari. Sinematografi dan unsur-unsur produksi film lainnya nantinya akan dipelajari," katanya.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600