Diduga Limbah, Warga Laporkan Penampakan Buih di Situgede
Oleh Hengky Sulaksono, pada Apr 16, 2018 | 20:23 WIB
Diduga Limbah, Warga Laporkan Penampakan Buih di Situgede
Lokasi penemuih buih di kawasan sekitar Situgede, Kota Tasikmalaya. (Hengky Sulaksono/ayotasik)

MANGKUBUMI, AYOTASIK.COM--Warga yang berada di sekitaran objek wisata Danau Situgede, Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya menemukan buih berbusa di aliran kali yang berada di kawasan Situgede bagian atas, Senin (16/4/2018) pagi.

"Warga menemukan buih berbusa, warnanya putih jam 06.00 WIB. Waktu ditemukan, buihnya itu sudah masuk ke dalam situ bagian atas. Banyak yang tercemarnya," kata salah seorang warga yang juga merupakan anggota Forum Peduli Situgede, Atang Supriatna, kepada wartawan.

Berdasarkan keterangan Kepala Kepolisian Sektor Mangkubumi, Inspektur Dua Agus Fredi, warga menduga buih tersebut sebagai limbah dan melaporkannya kepada pihak yang berwajib. Mereka sempat mengambil sampel buih untuk diuji laboratorium sebanyak dua kantong plastik.

"Sampel yang diambil dua kantong plastik. Tadi cukup banyak busanya sampai ke atas. Berdasar anggota yang ke lapangan, itu agak kental. Bau tidak ada, busanya putih. Mengalir ke Situgede. Kelihatan selama dua jam," kata Agus.

Camat Mangkubumi, M. Soni, menuturkan bahwa penemuan buih yang diduga merupakan limbah pencemar ini telah dilaporkan dan ditindaklanjuti Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya. Laporan dugaan pencemaran ini, menurut Soni, baru pertama kali ditemukan. Dia belum bisa memastikan jenis dan sumber buih yang ditemukan berasal dari pabrik, limbah rumah tangga, atau tempat lain.

"Perlu dikaji terlebih dahulu apakah bahan yang ada di lapangan ini berbahaya atau tidak. Mudah-mudahan ini limbah tidak berlanjut. Kalau misalkan itu limbah berbahaya, ini bisa cepat-cepat ditanggulangi dan dari mana sumbernya (dicari). Apakah dari pabrik. Karena memang kalau pabrik tidak ada. Atau misalkan dari limbah rumah tangga, akan diteliti rumah tangga yang mana. Akan ditindaklanjuti," kata Soni.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600