Ulang Tahun, Satpol PP Diinstruksikan Kawal Pilkada Serentak
Oleh Hengky Sulaksono, pada Apr 17, 2018 | 11:10 WIB
Ulang Tahun, Satpol PP Diinstruksikan Kawal Pilkada Serentak

BALEKOTA, AYOTASIK.COM--Bertepatan dengan upacara peringatan hari ulang tahun ke-68, Satuan Polisi Pamong Praja diinstruksikan untuk ikut terlibat dalam pengawalan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018. Pengawalan Pilkada Serentak merupakan bagian dari tugas pokok Satpol PP memelihara dan menyelenggarakan keamanan dan ketertiban umum.

Lewat pidato yang disampaikan Wali Kota Tasik, Budi Budiman, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menilai hari jadi satpol PP dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) 2018 terasa sangat istimewa karena bertepatan dengan penyelenggaraan Pilkada Serentak di 171 daerah yang meilputi 17 provinsi, dan 154 kabupaten dan kota. Karena itu, peringatan ulang tahun juga sekaligus menjadi momen pelaksanaan apel siaga dalam rangka mengawal Pilkada Serentak tahun 2018. Apel siaga dalam peringatan hari jadi Satpol PP dan Linmas ke-56 ini bertema "Satpol PP dan Sat Linmas Siap Mengawal Pilkada Serentak 2018".

Tjahjo menuturkan jika Satpol PP memiliki peran besar dalam rangka pengamanan hajat politik elektoral lima tahunan tersebut. Salah satu tugas pokok yang berkaitan dengan Pilkada ialah membantu menjaga ketenteraman dan ketertiban umum penyelenggaraan, baik sebelum, pada saat maupun sesudah pelaksanaan Pemilu.

"Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah, kiranya seluruh jajaran Satpol PP dan Satuan Perlindungan Masyarakat diharapkan senantiasa meningkatakan kesiap-siagaan menjaga ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat, serta perlindungan masyarakat di daerah masing-masing," kata Tjahjo.

Tugas spesifik Satpol PP dan Linmas juga diatur dalam Permendagri Nomor 54 Tahun 2011 tentang Standar Operasional Prosedur Satuan Polisi Pamong Praja dan Permendagri Nomor 10 tahun 2009 tentang Penugasan Sat Linmas dalam Penangangan Ketenteraman, Ketertiban, dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

"Satpol PP bertuga terlibat secara aktif sebagai tenaga pengaman langsung dalam Kelompok Penyelenggara Pemilihan Suara (KPPS). Sementara Sat Linmas bertugas menjaga dan mengamankan ketertiban di lingkungan warga," katanya.

Kedua kelompok ini juga diminta megambil langkah antisipatif selama sebelum, pada saat dan setelah pemungutan suara. "Tak kalah pentung adalah pelaksanaan koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi baik secara vertikal maupun horizontal dengan instansi terkait, seperti KPUD, bawaslu, TNI dan Polri serta Badan Kesbangpol," kata dia.
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600