Lima Film dengan Sisipan Lagu Internasionale
Oleh Hengky Sulaksono, pada May 01, 2018 | 15:05 WIB
Lima Film dengan Sisipan Lagu Internasionale
Potongan adegan saat lagu Internasionale dikumandangkan dalam film Reds (1981).

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM--Sekitar sebulan selepas Komune Paris dipukul mundur pemerintahan despotik Prancis, Eugene Pottier menulis sebuah sajak berjudul L'Internationale pada bulan Juni 1871. Lagu tersebut ditulis anggota Komune Paris ini saat gerakan kiri di Prancis mengalami demoralisasi pascakeruntuhan Komune.

Syair lagu yang berisi ajakan untuk bangkit bagi kelas pekerja ini sempat digunakan sebagai lagu resmi Uni soviet hingga Internasionale Ketiga. Lagu ini telah mengalami beberapa kali perombakan, tersedia dalam ragam versi, dan telah diterjemahkan ke dalam pelbagai bahasa di dunia. Di Indonesia, lagu ini diterjemahkan oleh salah satu tokoh pergerakan era kolonial, Soewardi Soerjaningrat alias Ki Hajar Dewantara.

Hingga saat ini, lagu Internasionale telah dan selalu menjadi chants yang dilantunkan oleh kelompok kiri lintas batas. Internasionale juga menjadi lagu wajib yang tak pernah absen mengisi perayaan Hari Buruh Internasional alias Mayday.

Belakangan, ketenaran lagu ini juga tak habis ditelan zaman. Tak sedikit pekerja seni yang menyisipkan atau menampilkan lagu ini dalam karya mereka, termasuk di antaranya dalam karya sinematik. Jejak keberadaan lagu Internasionale yang begitu magis ini bisa dilacak di antaranya dalam lima film berikut:

1. Reds (1981)
Reds merupakan film biografi epik yang mengisahkan perjalanan seorang jurnalis radikal Amerika Serikat,  John Reed saat meliput Revolusi Bolshevik Oktober 1917. Reed lantas menuangkan kisah reportasenya tersebut dalam buku Ten Days That Shook the World. Lagu Internasionale dikumandangkan dalam film selepas Reed memberikan pidato dalam sebuah kongres rakyat buruh Rusia yang menyatakn jika buruh di Amerika dan di dunia mendukung penuh gerakan revolusioner di Rusia membangun negara komunis.

2. Doctor Zhivago (1965)
Doctor Zhivago merupakan film adaptasi dari novel karangan Boris Pasternak yang meraih hadiah nobel sastra tahun 1958. Film ini berkisah tentang perjalanan kehidupan personal Dokter Zhivago yang berjalin kelindan dengan hari-hari bersejarah Revolusi Uni Soviet dan Perang Dunia I. Lagu Internasionale dikumandangkan rakyat yang berkumpul di lapangan terbuka selepas melakukan march di jalanan menuntut rezim Tsar Nikolai II.

3. Land and Freedom (1995)
Film ini menceritakan kisah David Carr, seorang pekerja yang dipecat dan anggota Partai Komunis Inggris Raya yang kemudian memutuskan untuk berjuang mengangkat senjata di pihak Brigade Internasional, sebuah koalisi anti-pemberontak Sosialis, Komunis dan Anarkis yang melawan kudeta Jenderal Franco beserta seluruh kekuatan fasis pendukungnya, seperti rezim Mussolini dan rezim Nazi Hitler. Lagu Internasionale dikumandangkan saat adegan prosesi penguburan jasad para kombatan yang tewas di medan tempur.

4. Ida (2013)
Film Ida mengisahkan tentang perjalanan spiritual seorang wanita muda bernama Anna di periode pascaperang tahun 60-an di Polandia. Anna yang sejak kecil hidup tanpa orang tua bertemu dengan sang bibi, Wanda Gruz saat beranjak dewasa. Anna merupakan seorang penganut Katolik taat dan hampir saja bersumpah setia menjadi biarawati. Pertemuan Anna dan Wanda membuka lembar-lembar masa lalu Anna yang selama ini belum ia ketahui. Lagu Internasionale dinyanyikan saat penguburan Wanda yang tewas lantaran bunuh diri. Semasa hidup bibinya tersebut dikenal sebagai anggota sentral Partai Komunis Polandia.

5. Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)
Film biografi epik ini bercerita tentang kehidupan kehidupan Oemar said Tjokroaminoto saat masa-masa kolonialisme kongsi dagang Belanda. Lagu Internasionale tampil dua kali dalam film ini. Lantunan pertama muncul menginterupsi adegan debat rapat Syarikat Islam antara kubu Semaun dan Agus Salim. Yang kedua kali, Internasionale dinyanyikan rombongan Semaun saat menumpangi gerbong kereta dalam sebuah perjalanan.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600