Jelang Ramadan, Pasar Swalayan Tasik Disidik
Oleh Hengky Sulaksono, pada May 14, 2018 | 17:19 WIB
Jelang Ramadan, Pasar Swalayan Tasik Disidik
Petugas tengah memeriksa kelaikan salah satu produk yang dijual di Mall Asia Plaza, Senin (14/5/2018). (Hengky Sulaksono/ayotasik).

CIHIDEUNG, AYOTASIK.COM--Menjelang Ramadan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tasikmalaya menggelar inspeksi mendadak  terhadap pasar swalayan, Senin (14/5/2018) sore. Sidak dilakukan kepada sebuah minimarket di kawasan Jalan Bantar dan Mall Asia Plaza.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Tasik, Uron mengatakan, sidak dilakukan untuk memantau kelaikan produk makanan yang dijual di pasar swalayan. Hasil sidak tidak ditemukan produk kedaluarsa. Petugas cuma menemukan dua produk susu kalengan dengan bungkus berkarat di minimarket.

"Allhamdulillah, dalam sidak kali ini tidak ada temuan. Tadi yang ada juga cuma susu kemasan kaleng berkarat di minimarket. Secera keseluruhan tidak ditemukan produk-produk tidak sesuai standar atau membahayakan," kata Uron kepada wartawan selepas sidak.

Tak cuma makanan, petugas juga ikut memeriksa alat timbang yang digunakan di swalayan. Hasil pemeriksaan juga tidak ditemukan kalibrasi dalam timbangan. Perawatan alat timbang yang dilakukan pasar swalayan cukup memadai.

Uron menuturkan, pemerintah bakal terus melakukan sidak sepanjang Ramadan tahun ini. Menurutnya, pemerintah tak mau kecolongan oleh pengusaha-pengusaha nakal maupun lalai yang meraup keuntungan dengan menjual barang tidak laik.

"Sidak lanjutan pasti akan terus kami lakukan. Tidak hanya di pasar swalayan modern saja, tapi juga di tempat transaksi lain seperti pasar. Kami juga akan meriksa produk non makanan. Ini terus kami lakukan untuk melindungi konsumen," ucapnya. 

 

 

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600