Selama Ramadan, Jam Kerja PNS Berkurang Satu Jam
Oleh Hengky Sulaksono, pada May 15, 2018 | 17:17 WIB
Selama Ramadan, Jam Kerja PNS Berkurang Satu Jam
Ilustrasi PNS. (Hengky Sulaksono/ayotasik).

TAWANG, AYOTASIK.COM--Jam kerja pegawai negeri sipil bakal mengalami penyesuaian selama bulan Ramadan. Waktu kerja yang merentang selama delapan jam selama hari biasa bakal dikurangi menjadi tujuh jam sehingga mereka bisa pulang lebih cepat.

Wakil Walikota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf mengatakan, aturan penyesuaian jam kerja tersebut telah diterima Pemkot Tasik. Pemkot bakal mengikuti setiap aturan yang dituangkan dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 336 tahun 2018 tersebut.

"Jam kerja PNS sudah ada aturan dari Kemenpan RB sudah keluar tentang jam kerja. Aturannya ada yang lima hari kerja, ada yang enam hari kerja," kata Yusuf.

PNS organisasi perangkat daerah yang memberlakukan waktu kerja enam hari akan bekerja pukul 08.00-14.00 Senin-Sabtu. Sedangkan PNS di OPD dengan waktu kerja lima hari bekerja sejak pukul 08.00-15.00 WIB. keduanya mendapat jatah istirahat jam 12.00-12.30 WIB.

Meski jam kerja mengalami penyusutan, Yusuf mengatakan pelayanan terhadap warga yang membutuhkan tetap harus dijalankan secara prima. Jika ada PNS yang kedapatan membolos tanpa alasan, pemerintah bakal mrmberikan sanksi sesuai aturan.

"Sanksi sudah diatur di Peraturan Pemerintah Nomor 53 (Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil). Sudah jelas masalah disiplin pegawai itu. Kita bijak saja dalam menyikapi persoalan itu. Yang jelas pelayanan kepada masyarakat tidak boleh berhenti, harus berjalan terus," terangnya. 


 

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600