PNS Berhalangan Puasa Diminta Hormati Pegawai Lain
Oleh Hengky Sulaksono, pada May 16, 2018 | 15:20 WIB
PNS Berhalangan Puasa Diminta Hormati Pegawai Lain
Ilustrasi PNS. (Hengky Sulaksono/ayotasik).

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM--Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tengah berhalangan menjalankan ibadah puasa saat Ramadan diminta untuk menghormati para pegawai lain yang menjalankan puasa. Mereka diingatkan untuk tidak melakukan aktivitas makan dan minum di depan para koleganya saat bertugas.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Iim Aminudin mengatakan, peringatan soal larangan makan dan minum ini merupakan perpanjangan tangan dari imbauan yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Menurutnya, aktivitas makan dan minum secara terbuka selama waktu berpuasa berpotensi menimbulkan gangguan.

"Intinya semua PNS itu harus saling menghormati. Bagi yang sedang berhalangan, dimohon untuk tidak makan atau minum di depan yang lain. Itu kan ada etikanya," kata Iim saat dihubungi via sambungan telepon, Rabu (16/5/2018) siang.

Di luar hal tersebut, Iim mengatakan tak ada ketemtuan khusus lain yang mengikat para pegawai di lingkungan kerja Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya selama Ramadan. Dia juga menyebut tak ada ketentuan pasti soal sanksi yang diberikan bagi yang melanggar peringatan makan dan minum.

"Kalau misalnya ada yang bolos, itu ada sanksinya. Jelas diatur dalam PP 53 (Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil). Yang penting pelayanan kepada masyarakat selama puasa tidak boleh terpengaruh, menurun," ungkapnya.

Wakil Walikota Tasik, Muhammad Yusuf menyatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya juga melarang para PNS untuk makan dan minum saat waktu kerja di kantor. Jika ada PNS yang kedapatan melanggar, Yusuf mengklaim bakal memberi sanksi.

"Untuk PNS yang makan di tengah puasa saya akan beri sanksi kalau datanya ada. Cewek, cowok (tidak boleh). Kalau cewek ada masanya (tidak berpuasa). Kalau misalnya laki-laki dia tidak mampu berpuasa, ya, saya minta datanya saja," terangnya.

 

 

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600