Kades dan PNS Dominasi Pelanggar Pemilu di Kabupaten Tasik
Oleh Hengky Sulaksono, pada May 17, 2018 | 17:15 WIB
Kades dan PNS Dominasi Pelanggar Pemilu di Kabupaten Tasik
Ilustrasi. (Satrio)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM--Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tasikmalaya telah mengeluarkan daftar pelanggaran pemilu selama masa periode kampanye Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. Dalam rincian hasil hitungan, diketahui jika terduga pelanggar terbanyak berasal dari kalangan kepala desa dan pegawai negeri sipil.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Panwaslu Kabupaten Tasikmalaya, Ahmad Aziz Firdaus menuturkan, jumlah pelanggaran yang dilakukan PNS terjadi sebanyak tiga kali dari total 11 pelanggaran. Paling banyak, pelanggaran dilakukan kades dengan jumlah lima kasus.

"Sisanya ada dua pelanggaran oleh anggota PPK dan satu pelanggaran yang dilakukan oleh istri Calon Gubernur, Ibu Atalia," kata Aziz kepada wartawan saat dijumpai di kantornya, Kamis (17/5/2018) siang.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kabupaten Tasikmalaya, Dodi Juanda menuturkan dominannya pealanggaran yang dilakukan oleh kades dan PNS ini disebabkan kurangnya kesadaran untuk menaati aturan pemilu oleh aparat negara.

"Padahal aturan pemilu ini sudah disosialisasikan secara menyeluruh baik ke para kades maupun ASN. Kalau aturannya kami yakin mereka tahu. Cuma mungkin kesadaran untuk mentaati aturannya saja yang masih minim," terangnya. 

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600