Kang Uu: Penjual Makanan Tradisional Harus Dilindungi
Oleh Hengky Sulaksono, pada Jun 07, 2018 | 15:28 WIB
Kang Uu: Penjual Makanan Tradisional Harus Dilindungi
Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut satu, Uu Ruzhanul Ulum

TASIK, AYOBANDUNG.COM--Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut satu, Uu Ruzhanul Ulum, menyatakan siap melindungi para pedagang jajanan tradisional Jawa Barat dari ancaman ketersingkiran oleh produsen-produsen besar. Uu berpendapat mereka harus dilindungi lantaran merupakan masyarakat kategori rentan.

"Para penjual makanan tradisional itu notabene pelaku UMKM, mereka harus dilindungi karena kalau dipaksakan bersaing mereka pasti tidak akan mampu sebab modalnya terbatas," kata pria yang akrab Kang Uu ini kepada wartawan, Kamis (7/6/2018) siang.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan ini manganggap jika saat ini posisi UMKM produsen jajanan tradisional terancam oleh kemunculan produk jajanan tradisional sejenis yang diproduksi korporasi besar. Imbasnya ceruk pasar para pelaku UMKM ikut direbut.

"Sekarang sudah banyak makanan tradisional kita seperti sukro, keripik pisang, kacang telor yabg diproduksi pabrik besar. Tidak menutup kemungkinan nanti akan lebih banyak lagi yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan yang punya nama besar. Jangan sampai UMKM ini dibiarkan gulung tikar," katanya.

Uu menilai pencangkokan produk semacam itu seharusnya bisa dihindari jika pemerintah memiliki komitmen dan kehendak politik untuk membuatnya tak terjadi. Pemerintah, ujar dia, seharusnya bisa bersikap lebih proaktif merespons persoalan yang dihadapi para pelaku UMKM ini.

Ia menilai pemerintah bisa menerbitkan regulasi spesifik yang mengatur larangan penjualan produk jajanan tradisional bagi pabrik-pabrik raksasa. Pemerintah juga harus mengedukasi para pelaku UMKM tentang keberadaan hak cipta dan inovasi produk. 

"Kalau semua kerajinan-kerajinan orang daerah dicaplok oleh perusahaan-perusahaan besar. Itu yang di daerah akan melamun enggak kebagian apa-apa. Sementara di pabrik-pabrik yang menggunakan kemasan bagus, dipajang di toko modern, mereka akan lebih mudah menjual," kata dia.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600