Situ Gede Jadi Primadona Wisatawan Domestik
Oleh Hengky Sulaksono, pada Jun 20, 2018 | 16:08 WIB
Situ Gede Jadi Primadona Wisatawan Domestik
Sejumlah pengunjung turun dari perahu motor setelah mengarungi kawasan wisata Situ Gede, Tasikmalaya. (Hengky Sulaksono/ayotasik)

 

MANGKUBUMI, AYOTASIK.COM--Kawasan wisata Situ Gede yang terletak di Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, menjadi primadona pada musim libur Lebaran Idulfitri kali ini. Wisatawan domestik dari dalam dan luar Kota Santri menyerbu areal wisata danau ini.

Pengelola kawasan wisata Situ Gede, Dudi Iskandar mengatakan, keramaian pengunjung di Situ Gede telah terasa sejak hari pertama Lebaran. Rata-rata tingkat kunjungan pelancong mencapai 500-an orang setiap hari.

"Alhamdulillah dibandingkan dengan hari biasa ada peningkatan yang cukup signifikan. Kebanyakan yang berkunjung dari kalangan pemuda dan keluarga asal Tasik, Ciamis, dan Banjar," kata Dudi kepada wartawan dijumpai di ruang kerjanya, Rabu (20/6/2018) siang.

Dibandingkan dengan tingkat kunjungan Lebaran tahun lalu, Dudi menuturkan, jumlah wisatawan tahun ini mengalami penurunan. Namun, menurut dia, penurunan tingkat pelancongan tidak terlampau signifikan.

"Penurunan terjadi karena sudah banyak objek wisata baru, jadi warga yang mau main sekarang sudah ada pilihan selain ke Situ Gede. Terus juga fasilitas di sini kurang pengembangan, seperti jalan yang rusak, jadi warga juga agak malas," kata Dudi.

Berbagai aktivitas dari mulai sekadar bercengkrama, berkumpul bersama keluarga, hingga menikmati wisata air menggunakan perahu motor menjadi pilihan warga. Salah satu pemilik perahu motor, Udin (50) mengatakan, peminat sewa perahu motor Situ Gede meningkat drastis pada musim Lebaran kali ini.

"Kalau dibandingkan sama hari-hari biasa atau pas akhir pekan, yang naik perahu bedanya jauh. Sekarang alhamdulillah lebih banyak. Sekali narik bisa sampai belasan orang, sampai penuh," kata Udin.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600