Kota Tasik Dapat Jatah Penerimaan 300-an PNS Baru
Oleh Hengky Sulaksono, pada Jul 02, 2018 | 21:17 WIB
Kota Tasik Dapat Jatah Penerimaan 300-an PNS Baru
Ilustrasi PNS. (Antara)

BALEKOTA, AYOTASIK.COM--Pemerintah Kota Tasikmalaya mendapatkan jatah sekitar 300 pegawai negeri sipil dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang bakal melakukan perekrutan calon PNS baru tahun ini. Jadwal pemerimaan PNS bakal segera diumumkan dalam waktu dekat.

Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan mengatakan jumlah kuota PNS yang diterima Pemerintah Kota Tasik masih jauh dari kebutuhan. Kebutihan PNS Kota Tasik yang diajukan Badan Kepegawaian Daerah awal tahun lalu mencapai sekitar 1.800 orang.

"Itu berdasarkan hasil analisis dan kalkulasi yang kami lakukan. Masih banyak pos-pos pekerjaan PNS yang belum terisi dan memang dibutuhkan," kata Ivan kepada wartawan dijumpai selepas memimpin apel pagi para PNS di Halaman Balekota Tasik, Senin (2/7/2018).

Kebutuhan tenaga abdi negara baru tersebut, menurut Ivan, tersebar merata di berbagai organisasi perangkat daerah. Berdasarkan bidang, Ivan mengatakan kebutuhan PNS Kota Santri terkonsentrasi pada tenaga pendidik dan kesehatan.

"Kuota yang kami terima dari Kementerian (PAN RB) itu memang masih jauh dari jumlah ideal. Formasi yang sekarang kami dapatkan itu disesuaikan dengan jumlah PNS yang akan pensiun tahun ini. Jadi sebetulnya tidak ada penambahan," kata Ivan.

Kurangnya tenaga PNS di Kota Tasik ini, menurut Ivan juga berdampak terhadap kinerja pemerintahan daerah. Imbas paling terasa, ujar dia, tak sedikit PNS yang harus merangkap pekerjaan dan tugas meskipun hal tersebut tak sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

"Tapi tetap kami memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat Kota Tasik. PNS yang ada sekarang ini masih bisa kami optimalkan untuk menutupi kekurangan kebutuhan. Kekurangan tenaga PNS tidak bisa dijadikan alasan. Karena di daerah lain juga sama begitu," kata Ivan.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600