Ormas Diminta Tak Bergantung pada Dana Hibah
Oleh Hengky Sulaksono, pada Jul 10, 2018 | 14:04 WIB
Ormas Diminta Tak Bergantung pada Dana Hibah
Ilustrasi. (pixabay.com)

BALEKOTA, AYOTASIK.COM--Keberadaan organisasi kemasyarakatan (Ormas) di suatu daerah dinilai berdampak pada kesadaran berorganisasi dan politik masyarakat. Namun di sisi lain, pandangan miring terhadap keberadaan ormas juga kerap mengemuka. Kelompok ini, misalnya, dinilai selalu menggantungkan diri kepada dana hibah yang dikucurkan pemerintah.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tasikmalaya, Deni Diyana meminta para pentolan ormas untuk tidak berpangku tangan terhadap kucuran dana hibah pemerintah untuk menghidupi roda organisasinya. Dia menginginkan agar mereka bisa mencari sumber pendapatan lain. Caranya, melalui kerjasama dengan pelbagai pihak.

"Silakan banyak peluang-peluang yang bisa mendatangkan dana untuk menghidupi ormas, kalau hanya mengharapkan dana hibah pemerintah, kita juga terbatas," kata Deni kepada wartawan ditemui di sela kegiatan silaturahmi ormas di Balekota Tasik, Selasa (10/7/2018) siang.

Para pentolan ormas, bisa menawarkan jasa-jasa tertentu kepada perusahaan-perusahaan atau membangun usaha secara mandiri untuk memperkokoh basis ekonomi pendanaan ormas. Jika dibutuhkan, Deni mengatakan Kesbangpol siap menjembatani rencana kerjasama antara ormas dan pihak lain.

"Kami juga terbatas dalam hal pendanaan. Ada aturan yang diterbitkan pemerintah pusat yang membuat kita tidak bisa terlalu bebas memberikan hibah. Setiap ormas bergiliran mendapat dan hibah, kalau tahun ini sudah dapat, tahun depan enggak bisa, baru bisa dapat tahun depannya lagi," katanya.

Catatan Kesbangpol, terdapat setidaknya 398 ormas yang terdaftar secara resmi di Kota Tasik. Ormas-ormas tersebut bergerak di pelbagai bidang. Pemerintah, ujar Deni, tidak membatasi besaran dana maksimal yang dikucurkan untuk hibah kepada para ormas.

"Setiap tahun kita lakukan evaluasi. Kalau ada ormas baru yang mendaftar, harus berjalan tiga tahun dulu supaya bisa mengajukan dana hibah. Kalau misalnya hasil evaluasi kinerja ormas tidak sesuai harapan, kurang berkontribusi, itu akan jadi bahan pertimbangan kami," ucapnya. 

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600