KPU Kota Tasik Belum Terima Pendaftaran Caleg
Oleh Hengky Sulaksono, pada Jul 10, 2018 | 18:19 WIB
KPU Kota Tasik Belum Terima Pendaftaran Caleg
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

TAWANG, AYOTASIK.COM--Komisi Pemilihan Umum Kota Tasikmalaya hingga saat ini belum menerima satu pun pendaftaran bakal calon legislatif untuk Pileg 2019. Padahal, pembukaan pendaftaran bacaleg telah dilakukan sejak 4 Juli 2018 lalu.

Ketua KPU Kota Tasikmalaya, Ade Zaenul Muttaqin mengatakan, sepinya pendaftaran bacaleg hingga menjelang sepekan selepas pembukaan disebabkan para bacaleg yang masih disibukkan dengan urusan administratif syarat pendaftaran.

"Kami sudah mempersiapkan, sudah mensosialisasikan, melakukan pendampingan, mungkin sekarang ini parpol-parpol sedang mempersiapkan kelengkapan berkas-berkas, karena semua harus sudah lengkap saat pendaftaran," kata Ade kepada wartawan, Selasa (10/7/2018) siang. 

Beberapa persyaratan administratif yang perlu dipenuhi para bacaleg mencakup persyaratan pencalonan dan persyaratan calon. Persyaratan pencalonan berkaitan dengan legitimasi pendaftar dari parpol pengusung. Sementara persyaratan calon merujuk pada kelengkapan administratif macam KTP, ijazah, surat keterangan sehat, SKCK, serta persuratan lainnya.

Pileg 2019 ini bakal dilaksanakan di tiga daerah pemilihan. Jumlah kursi anggota DPRD Kota Tasik yang diperebutkan mencapai 45 kursi. Jumlah kursi panas anggota dewan yang diperebutkan tak bertambah jika dibandingkan dengan kuota anggota legislatif pada Pileg 2019.

"Biasanya pendaftaran suka ramai pas menjelang selesai, di detik-detik akhir. Tapi kami mengimbau supaya pendaftaran dilakukan sejak awal saja, supaya persiapannya matang dan tidak menumpuk di saat-saat akhir," kata Ade.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600