PPDB Diperpanjang, Jumlah Pendaftar SMPN 7 Kota Tasik Justru Berkurang
Oleh Hengky Sulaksono, pada Jul 11, 2018 | 12:30 WIB
PPDB Diperpanjang, Jumlah Pendaftar SMPN 7 Kota Tasik Justru Berkurang
Ilustrasi masa pendaftaran peserta didik baru tingkat SMP. (PPDB di SMPN 7 Kota Tasik)

CIPEDES, AYOTASIK.COM--Perpanjangan masa pendaftaran peserta didik baru tingkat SMP di Kota Tasikmalaya berdampak buruk pada salah satu sekolah. Jumlah pendaftar di SMP Negeri 7 Kota Tasik justru kian berkurang, alih-alih bertambah banyak.

Saat jadwal PPDB resmi ditutup pada 7 Juli 2018 lalu, kuota siswa baru SMPN 7 yang mencapai 352 siswa baru tak terpenuhi. Tercatat hanya 212 siswa yang mendaftar ke sekolah yang berada di Jalan Letnan Dadi Suryatman, Sukamanah, Kecamatan Cipedes ini.

"Sekarang jumlah siswa yang daftar malah berkurang. Ada beberapa orang tua yang mencabut pendaftaran di SMPN 7," kata Panitia PPDB SMP Negeri 7 Tasikmalaya, Yayat Priyatna kepada wartawan, Selasa (10/7/2018).

Dia menilai pemberlakuan sistem zonasi yang diterapkan pada PPDB malah mendatangkan kerugian bagi sejumlah sekolah. Dikotomi sekolah favorit dan non-favorit menurut Yayat masih membenam di dalam kesadaran masyarakat.

"Zonasi malah merugikan buat kita.  Yang dapat siswa banyak, di sekolah-sekolah di tengah kota, mungkin berpengaruh. Setiap tahun memang kami selalu kekurangan siswa, tapi angkanya tidak sebanyak tahun ini," kata dia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, terdapat sekitar delapan dari 21 SMP negeri yang masih menyisakan kuota penerimaan hingga Senin (9/7/2018) yang merupakan hari pengumuman PPDB secara daring. Kedelapan sekolah yang belum terisi penuh oleh pendaftar baru antara lain SMPN 7, SMPN 9, SMPN 11, SMPN 15, SMPN 16, SMPN 18, SMPN 19, dan SMPN 21. Total terdapat 569 kursi kosong di kedelapan sekolah tersebut yang belum diisi pendaftar.

 


 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600