Kasus Kekerasan Seksual Paling Tinggi di Kabupaten Tasik
Oleh Hengky Sulaksono, pada Jul 11, 2018 | 17:25 WIB
Kasus Kekerasan Seksual Paling Tinggi di Kabupaten Tasik
Ilustrasi kekerasan seksual. (Pixabay/Public Domain Archive)

CISAYONG, AYOTASIK.COM--Jumlah kasus kekerasan seksual menjadi jenis kasus kekerasan tertinggi yang menimpa anak di Kabupaten Tasik. Berdasarkan data Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah Kabupaten Tasikmalaya, terdapat setidaknya sembilan kasus kekerasan seksual yang terjadi sejak Januari-Juni 2018.

Jumlah sembilan kasus kekerasan seksual ini menjadi yang paling tinggi disusul empat kasus kehilangan anak, kekerasan fisik (tiga kasus), penelantaran dan penemuan (masing-masing dua kasus), dan eksploitasi (satu kasus). Jumlah total kasus yang ditangani mencapai 21 laporan.

"Semua kasus yang masuk dan dilaporkan ke KPAID sudah ditangani," kata Ketua KPAID Kabupaten Tasikmalaya, Ato Rinanto kepada wartawan saat dijumpai di kantornya di Perum Citra Graha, Desa Sukasukur, Kacamatan Sukasukur, Kabupaten Tasik, Rabu (11/7/2018) sore.

Dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017 lalu, jumlah laporan kekerasan terhadap anak ini mengalami peningkatan. Pada periode Januari-Juni 2017, jumlah aduan kekerasan yang diterima KPAID Kabupaten mencapai 13 kasus. Sementara total kasus kekerasan terhadap anak sepanjang 2017 lalu mencapai 29 kasus.

Dari data tahun lalu, kekerasan seksual lagi-lagi menjadi jenis kasus kekerasan yang menimpa anak-anak di Kabupaten Tasik. Jumlah kekerasan seksual yang terjadi mencapai 16 kasus, diikuti konsumsi napza dan miras (tiga kasus), penelantaran, pengasuhan, eksploitasi (masing-masing dua kasus), serta kekerasan fisik dan jenis lain (masing-masing satu kasus).

"Penyebabnya masih banyaknya kekerasan terhadap ini salah satunya disebabkan kurangnya pengawasan oleh orangtua ataupun keluarga. Termasuk juga kekerasan seksual. Faktor lingkungan yang tidak aman juga mempengaruhi," jelas Ato.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600