Ratusan Koperasi di Kota Tasik Sekarat
Oleh Hengky Sulaksono, pada Jul 12, 2018 | 16:09 WIB
Ratusan Koperasi di Kota Tasik Sekarat
Ilustrasi koperasi. (Antara)

BALEKOTA, AYOTASIK.COM--Sekitar 300an lembaga koperasi yang berada di Kota Tasikmalaya tengah berada dalam kondisi sekarat. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kota Tasik, Firmansyah mengatakan, sekaratnya kondisi ratusan koperasi tersebut disebabkan pengeloalan koperasi yang belum berjalan baik.

"Jumlahnya kalau enggak salah hampir 300an dari total jumlah 671 koperasi di Kota Tasik. Mereka enggak aktif, pengurusnya tidak bertanggung jawab, ada juga yang anggaran dananya sudah tidak ada, banyak masalah, termasuk tidak mengadakan rapat anggota tahunan tiga tahun berturut-turut," kata Firmansyah, Kamis (12/7/2018) siang.

Ratusan koperasi yang tengah berada dalam kondisi sekarat tersebut, ujar Firman, telah diusulkan untuk segera dihapuskan kepada Kementerian Koperasi dan UKM. Usulan penghapusan dilontarkan lantaran koperasi-koperasi ini tak mengadakan RAT selama tiga tahun. Padahal, RAT ini merupakan pasal wajib yang tak bisa ditawar-tawar.

Selain buruknya sistem manajerial, Firman menuturkan jika mandeknya usaha koperasi yang dijalankan ikut disebabkan oleh miskinnya inovasi usaha yang dkembangkan. Menurutnya, masih banyak koperasi di Kota Tasik yang masih terpaku dan mengandalkan pola usaha simpan pinjam semata.

"Masalah modal juga menjadi soal. Tapi kami terus memberikan pembinaan di sisi manajerial dan pengembangan bisnis. Bantuan dana juga kami berikan. Kami dorong ke arah sana (pengembangan inovasi), tapi harus melihat juga, mereka punya kemauan, enggak? Punya keinginan untuk mengembangkan koperasi enggak?" kata Firman.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600