28.977 Keluarga di Kabupaten Tasik Belum Teraliri Listrik
Oleh Hengky Sulaksono, pada Jul 13, 2018 | 07:05 WIB
28.977 Keluarga di Kabupaten Tasik Belum Teraliri Listrik
Menteri BUMN, Rino Soemarno bersama rombongan saat berkunjung ke Desa Cikupa, Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya, untuk memastikan penyambungan listrik bagi masyarakat kurang mampu pada (12/7/2018).

KARANGNUNGGAL, AYOTASIK.COM--Sebanyak 28.977 di Kabupaten Tasikmalaya tercatat belum teraliri listrik. Jumlah rasio elektrifikasi warga yang belum teraliri listrik tersebut mencapai 8% dari total populasi keluarga yang ada di Kabupaten Tasik.

Belum bisa dinikmatinya aliran listrik dari Perusahaan Listrik Negara oleh ribuan rumah tangga tersebut disebabkan pelbagai faktor. Salah satunya ialah letak rumah-rumah keluarga tersebut yang berada di kawasan pedalaman sehingga sulit diakses infrastruktur kelistrikan.

Terkait hal tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno mengatakan jika pemerintah bakal secara bertahap memenuhi kebutuhan elektrifikasi warga. Kementerian bersinergi dengan BUMN di bidang kelistrikan bakal mengejar target rasio elektrifikasi 100%.

"Saya mendengar bahwa ada warga yang mendapat aliran listrik, tapi itu diambil dari rumah yang sudah berlistrik. Kami bersama BUMN bersinergi untuk menyediakan bantuan listrik di sehingga warga bisa menikmati aliran listrik langsung dari PLN," kata Rini di Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (12/7/2018) sore.

Berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), rasio elektrifikasi di Kabupaten Tasik di Kabupaten Tasik baru mencapai 92%. Besaran rasio elektrifikasi ini masih lebih keci ketimbang Provinsi Jawa Barat yang tercatat di level 98%. Jumlah keluarga yang belum teraliri listrik tercatat sebanyak 316.947 KK.

Pemerintah, melalui program listrik pedesaaan terus berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi seiring berjalannya waktu. Sinergi antara kementerian dan PLN ini diharapkan membantu masyarakat untuk mendapatkan akses listrik secara penuh dan menopang kegiatan ekonomi rumah tangga mereka.

Selain wilayah Kabupaten Tasikmalaya, sinergi BUMN mendorong elektrifikasi rumah tanga kurang mampu juga dilakukan di wilayah-wilayah lain di Provinsi Jawa Barat seperti di Kabupaten Cianjur, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Garut dan Kabupaten Sukabumi.

“Ini merupakan kepedulian BUMN bagi masyarakat terutama masyarakat kurang mampu sehingga bisa menikmati listrik yang pada akhirnya juga bisa mendorong perbaikan taraf hidupnya. Semoga ke depannya sinergi antar perusahaan dibawah BUMN lebih terjalin dan lebih banyak lagi yang terlibat." kata dia.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600