Patung Lalu Muhammad Zohri Curi Perhatian Warga Tasik
Oleh Hengky Sulaksono, pada Aug 15, 2018 | 13:32 WIB
Patung Lalu Muhammad Zohri Curi Perhatian Warga Tasik
Lalu Muhammad Zohri di Jalan Raya Singaparna, Tasikmalaya. (Hengky Sulaksono/ayotasik)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM--Pelbagai karya hasil kreativitas warga selalu bermunculan menghadapi perayaan hari ulang tahun proklamasi Republik Indonesia. Karya-karya yang diciptakan warga ini lahir dalam bentuk yang pusparagam dan tak sedikit di antaranya terbilang unik dan sanggup mencuri perhatian.

Salah satu karya yang cukup mencuri perhatian itu hadir di Kabupaten Tasikmalaya. Karya tersebut berupa patung Lalu Muhammad Zohri, atlet lari Indonesia yang berhasil meraih medali emas dan menjadi juara dunia pada Kejuaraan Dunia Atletik Junior 2018 nomor lari 100 meter di Finlandia beberapa waktu lalu.

Patung berukuran sekitar dua meter tersebut bediri di pinggir Jalan Raya Singaparna. Keberadaan patung ini mencuri perhatian banyak orang, tak terkecuali warga sekitar dan pelintas jalan yang kebetulan melintas di Jalan Raya Singaparna.

Pembuat patung, Aam (60) alias Abeng mengatakan patung Zohri sengaja dibuat untuk menyambut peryaan hari kemerdekaan RI yang ke-73 pada 17 Agustus 2018 mendatang. Selain itu patung ini juga dibuat dengan tujuan memeriahkan penyelenggaraan Asian Games 2018.

"Ini untuk memeriahkan perayaan Agustusan di kampung kami. Kebetulan juga momennya bertepatan dengan Asian Games. Jadi sekalian," kata Abeng kepada wartawan saat dijumpai di kediamannya di Kampung Baturuyuk, Desa Cintaraja, Rabu (15/8/2018) siang.

Patung tersebut dibuat selama kurang lebih tiga pekan sejak pertengahan Juli lalu. Bahan dasar patung pelari asal Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat ini terbuat dari batang pohon jambu.

Pemilihan Zohri sebagai sosok yang dijadikan patung didasarkan pada hasil kesepakatan warga. Mereka memilih Zohri sebagai ikon untuk dijadikan patung lantaran pemuda kelahiran tahun 2000 ini dinilai pantas didaulat sebagai atlet yang paling mengharumkan nama Indonesia.

"Alhamdulillah banyak yang suka juga. Patung ini sering dijadikan tempat selfie warga yang ngelewat. Saya bangga, sangat senang sekali, kepuasan batin yang luar biasa buat saya," kata dia.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600