BI Jabar Serahkan 1.000 Bibit Pohon Cabai Rawit untuk Kota Tasik
Oleh Hengky Sulaksono, pada Aug 30, 2018 | 15:56 WIB
BI Jabar Serahkan 1.000 Bibit Pohon Cabai Rawit untuk Kota Tasik
pemberian 1.000 bibit cabai rair dari Bank Indonesia kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmlaya. (Hengky Sulaksono/ayotasik).

BALEKOTA, AYOTASIK.COM--Kantor Perwalian Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat memberikan bantuan 1.000 bibit cabai kepada Pemerintah Kota Tasikmalayaon. Bantuan diserahkan secara simbolis kepada Walikota Tasik, Budi Budiman di ruang kerjanya, Kamis (30/8/2018) siang.

Deputi Kepala KPw BI Jabar, Sukarelawati Permana mengatakan cabai rawit merupakan salah satu jenis komoditas penyumbang inflasi di wilayah Jabar. Berdasarkan data yang dikeluarkan bank sentral, komoditas ini memberikan andil 0,016% inflasi bulanan di Jabar dan 0,015% di Kota Tasik pada periode 2014-2017.

"Ini dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat supaya sadar inflasi. Jadi untuk barang-barang tertentu, itu baiknya bagaimana kita menanam sendiri, sehingga itu membantu di dalam proses memenuhi kebutuhan," kata Sukarelawati.

Selain di Kota Tasik, dia menyebut program pemeberian 1.000 bibit cabai rawit ini juga dilakukan di enam daerah lainnya, antara lain Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Bandung, Kota Sukabumi dan Kota Cirebon. Sampai saat ini, pembagian bibit cabai rawit ini telah dilakukan di Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Cirebon dan Kota Tasikmalaya.

Kepala KPw BI Tasikmalaya, Heru Saptaji mengatakan komoditas cabai ini selalu berada dalam daftar lina besar penyumbang inflasi di kawasan Priangan Timur. Karena itu, dia mengharapkan agar pemeberian bibit cabai bisa makin memperkuat gerakan sadar inflasi yang saat ini tengah dijalankan KPw BI Tasik.

"Yang perlu dilihat ini di antara 1.000 bibit cabai ini adalah untuk membuat edukasi publik kepada masyarakat seiring dengan gerakan sadar inflasi yang digagas Pemerintah Kota (Tasikmalaya) juga," ujarnya.

Walikota Tasik sekaligus Ketua Tim Pemgendali Inflasi Daerah Kota Tasik, Budi Budiman mendukung penuh kerjasama yang digagas pihak BI. Dia juga mengamini bahwa status cabai rawit yang merupakan salah satu komoditas penyumbang inflasi terbesar di Kota Tasik harus diatasi.

"Perlu juga diperhatikan bagaiamana meningkatkan produksinya agar tidak terjadi inflasi. Selain bantuan ini, kami juga mensosialisasikan pentingnya menekan inflasi kepada masyarakat yang inflasi itu dipengaruhi stabilitas pangan yang bergantung pada pasokan," ungkapnya. 

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600