1,4 Miliar Orang Berisiko Terserang Penyakit Mematikan
Oleh Hengky Sulaksono, pada Sep 05, 2018 | 08:49 WIB
1,4 Miliar Orang Berisiko Terserang Penyakit Mematikan
Ilustrasi. (AFP).

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM--Lebih dari 1,4 miliar orang dewasa di dunia berisiko tinggi terserang penyakit mematikan lantaran mereka tak melakukan aktivitas olahraga secara berkecukupan. Hampir di dua dekade terakhir, tingkat aktivitas manusia secara global hampir tak mengalami perubahan sama sekali.

Seperti dilansir dari AFP, Rabu (5/9/2018) sebuah studi yang dilakukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan sepertiga perempuan dan seperempat laki-laki di seluruh dunia berada di bawah ancaman sejumlah penyakit mematikan seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

"Aktivitas fisik yang tidak mencukupi merupakan faktor risiko utama untuk penyakit tidak menular, dan memiliki efek negatif pada kesehatan mental dan kualitas hidup," kata studi tingkat latihan dunia yang diterbitkan oleh The Lancet Global Health Journal.

WHO merekomendasikan setiap orang dewasa melakukan setidaknya 150 menit latihan dengan intensitas sedang, seperti jalan cepat, berenang, atau bersepeda setiap pekan, atau 75 menit aktivitas dengan intensitas kuat seperti lari atau olahraga tim.

Studi ini melacak tingkat aktivitas 1,9 juta orang di 168 negara di seluruh dunia selama 2016. Peneliti menemukan tidak ada peningkatan dalam tingkat aktivitas fisik sejak tahun 2001, meskipun banyak inisiatif kesehatan masyarakat mengharapkan manfaat dari latihan fisik.

Lebih dari seperempat orang dewasa di dunia (1,4 miliar orang) tidak cukup aktif. 

"Kami benar-benar tidak melakukannya," untuk mendorong orang-orang berolahraga, kata penulis utama studi Regina Guthold. "Kami telah melihat pada dasarnya tidak ada kemajuan."

Penulis penelitian juga menyoroti beberapa tren yang mengkhawatirkan, termasuk perbedaan mencolok dalam tingkat latihan antara negara miskin dan kaya, dan antara pria dan wanita.

Source : AFP

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600