PD Pasar Resik Terancam Bubar
Oleh Hengky Sulaksono, pada Sep 20, 2018 | 17:13 WIB
PD Pasar Resik Terancam Bubar
Ilustrasi. (Antara)

BALEKOTA, AYOTASIK.COM--Masa depan Perusahaan Daerah Pasar Resik yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah Pemerintah (BUMD) Kota Tasikmalaya belum jelas. Beberapa kali BUMD ini diwacanakan bakal dibubarkan lantaran dianggap memiliki kondisi keuangan tak sehat. Namun wacana tersebut selalu berakhir mengambang.

Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Tasikmalaya, Dedi yang membahas laporan kinerja keuangan bersana manajemen PD Pasar Resik, Kamis (20/9/2018), enggan memaparkan secara gamblang kondisi terkini kesehatan keuangan PD Pasar.

Dedi menuturkan, pemerintah bakal terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja PD Pasar. Kajian-kajian mendetail tentang kondisi keuangan PD Pasar dinilai masih perlu dilakukan sebelum mengambil langkah lebih jauh.

AYO BACA : Tes Kebugaran, PNS Kota Tasik Lari 1,6 Kilometer

\"Tergantung hasil, 'kan ada indikator. Kita tidak bisa menyimpulkan, kalau kata dokter harus tahu dulu penyakitnya. Didiagnosa dulu apa sih, obat yang paling mujarab yang terbaik bagi keberlangsungan PD Pasar dan semuanya,\" kata Dedi.

Meski demikian, dia tak menampik keberadaan sejumlah laporan keuangan negatif berupa utang ke pihak tertentu yang digunakan untuk menjamin keberlangsungan operasional pasar. 

\"Saya baru terima laporan kemarin. Nanti kita analisi dulu laporannya secara utuh,\" katanya.

AYO BACA : Ratusan Santri Tasik Siap Bertanding di Pekan Olahraga Jawa Barat

Terkait kondisi tersebut, pemerintah juga sudah memetakan sejumlah langkah mengantisipasi kemungkinan terburuk melikuidasi PD Pasar. Untuk membubarkan perusahaan pelat merah ini, ujar Dedi, pemerintah harus mengeluarkan peraturan daerah tersendiri sebagai landasan legal-formal.

\"Jadi tidak hanya oleh eksekutif saja tapi juga legislatif dewan. Untuk waktu sifatnya tentatif. Insya Allah dalam hal ini tidak mungkin kita berlarut-larut. Kita bekerja dengan baik, terencana, terukur. Intinya apa yang terbaik bagi PD Pasar akan kita laksanakan, kita buat,\" uajrnya.

Selain penerbitan Perda, pemerintah juga sudah memetakan langkah-langkah perpindahan beban tanggungjawab pengelolaan yang bakal diwariskan dari PD Pasar. Yang pasti, ujar dia, pemerintah daerah tak akan lepas tangan dari tanggungjawab pengelolaan.

\"Yang pasti, pasar itu merupakan salah satu kewenangan pemerintah daerah. Tidak mungkin tidak ada yang mengurus. Ada nanti kita rumuskan, kita kaji. Seandainya mungkin dipertahankan, langkah-langkah apa saja yang perlu diperbaiki. Seandainya dilikuidasi, apa-apa saja juga yang harus diperbaiki akan kita lihat,\" ucapnya. 

AYO BACA : Peringatan Hari Olahraga Dimeriahkan Senam Sehat

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600