Tim Peninjau Pemprov Jabar Evaluasi Desa P2WKSS Kabupaten Tasik
Oleh Hengky Sulaksono, pada Sep 25, 2018 | 14:35 WIB
Tim Peninjau Pemprov Jabar Evaluasi Desa P2WKSS Kabupaten Tasik
Desa Gunungsari, Kecamatan Sukaratu yang mewakili Kabupaten Tasikmalaya dalam program terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera. (Hengky Sulaksono/ayotasik)

SUKARATU, AYOTASIK.COM--Desa Gunungsari, Kecamatan Sukaratu yang mewakili Kabupaten Tasikmalaya dalam program terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera alias P2WKSS dievaluasi, Selasa (25/9/2018). Peninjauan dilakukan oleh tim peninjau dari Provinsi Jawa Barat.

Ketua Tim Evaluasi P2WKSS di Kabupaten Tasik, Sursilah Yani Yulianingsih mengatakan peninjauan dilakukan untuk menentukan laik atau tidaknya desa yang mewakili Kabupaten Tasik tersebut menjadi salah satu kandidat desa P2WKSS terbaik di Jabar.

"Kami melakukan peninjauan dari berbagai aspek, ada di sektor penididikan, kesehatan, pembangunan dan lain-lain. Misalnya yang tadinya tidak ada MCK sekarang ada MCK jadi lebih baik," kata Sursilah kepada wartawan di sela peninjauan.

Penilaian, ujar Sursilah, dilakukan kepada 27 desa yang mewakili seluruh kabupaten kota di Jabar. Dari ke-27 desa tersebut, Sursilah menyebut tim bakal memilih 10 desa terbaik untuk menjadi kandidat peraih desa P2WKSS terbaik 2018.

"Penilaian dilakukan di semua aspek. Nanti ada 10 besar dulu sebelum kemudian ada penilaian lagi. Kita harus membandingkan dulu karena setiap desa yang kita tinjau dilakukan oleh yim berbeda, ada plus minusnya," katanya.

Program ini, sebut Sursilah, bertujuan untuk meningkatkan peran perempuan dalam berbagai bidang pembangunan. Penentuan desa binaan dilakukan berdasarkan beberapa standar yang ditentukan tim.

"Desa yang jadi sasaran adalah desa miskin. Setelah itu kami berikan bantuan, baik dari pemerintah, bank, maupun swasta. Kami harapkan desa yang menjadi peserta P2WKSS di masing-masing daerah ini bisa menjadi lebih baik," kata dia.

 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600