Generasi Penerus Bangsa Harus Bermental Pancasila
Oleh Hengky Sulaksono, pada Oct 01, 2018 | 13:15 WIB
Generasi Penerus Bangsa Harus Bermental Pancasila
Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar di Komplek Sekretariat Daerah Kabupaten Tasik, Senin (1/10/2018). (Hengky Sulaksono/ayotasik)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM--Semangat dan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila dinilai mulai kehilangan daya pikatnya. Penguatan nilai-nilai den penanaman mental Pancasila dipandang perlu dilakukan, terkhusus di kalangan generasi muda.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Abdul Kodir selepas mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar di Komplek Sekretariat Daerah Kabupaten Tasik, Senin (1/10/2018).

Dia menilai saat ini masyarakat, tak terkecuali generasi muda terkesan terkotak-kotak ke dalam berbagai bentuk berbagai fanatisme. Perbedaan yang dimiliki setiap elemen bangsa seolah selalu dikedepankan dan menenggelamkan persamaan yang mempersatukan segala unsur bangsa.

"Nilai-nilai Pancasila terutama poin persatuan Indonesia sudah mulai memudar, karena berbeda pandangan berbeda hobi berbeda dukungan, akhirnya saling benci saling memusuhi," kata Abdul Kodir kepada wartawan.

Salah satu contoh yang dinukil Abdul Kodir ialah peristiwa kematian suporter Persija, Haringga Sirila yang menjadi korban pengeroyokan oknum suporter Persib beberapa waktu lalu. Hal tersebut dianggap Abdul Kodir tak semestinya terjadi jika semua pihak, utamanya generasi muda, saling menghargai perbedaan satu sama lain.

Generasi muda, ujar dia, perlu memahami intisari Pancasila sebagai ideologi bangsa yang merupakan hasil pemikiran para pendahulu dan pejuang kemerdekaan. Pemahaman yang utuh dipandang penting agar Indonesia sebagai bangsa yang berbeda atau majemuk bisa bersatu.

"Pancasila itu wadah, agar kita berstatus  dalam berbagai perbedaan. Nah, para pahlawan kita sudah memikirkan hal itu, sekarang kita sebagai generasi penerus bertugas harus terus menjaganya," kata dia.

 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600