KPU Kota Tasik Buka Posko Pengaduan Data Pemilih
Oleh Hengky Sulaksono, pada Oct 02, 2018 | 08:30 WIB
KPU Kota Tasik Buka Posko Pengaduan Data Pemilih
Tampilan halaman lindungihakpilihmu. (kpu)

TAWANG, AYOTASIK.COM--Komisi Pemilihan Umum Kota Tasikmalaya membuka posko pengaduan data pemilih menjelang Pemilihan Umum 2019. Pembukaan posko secara simbolis dilakukan di Kantor KPU Kota Tasikmalaya, Jalan SKP, Senin (1/10/2018) siang.

Ketua KPU Kota Tasik, Ade Zaenul Muttaqin mengatakan posko ini berfungsi untuk menerima pengaduan masyarakat terkait data pemilih. Jika terdapat warga yang menemukan permasalahan data sebagai pemilih, mereka bisa melaporkan kepada posko tersebut.

"Ini untuk melindungi hak pilih. Tujuannya adalah untuk lebih mengakuratkan data pemilih. Kita harus memastikan bahwa pemilih yang terdaftar benar-benar memenuhi syarat. Jangan sampai pemilih yang tidak memenuhi syarat malah masuk," kata Ade kepada wartawan.

Untuk mengetahui akurasi data pemilih, masyarakat bisa melakukannya di laman lindungihakpilihmu atau menggunakan aplikasi KPU RI Pemilu 2019 yang bisa diunduh di Google Play Store. Warga cuma harus memasukkan nama dan nomor induk kependudukan untuk mengetahui data pemilihnya.

Posko ini, sebut Ade, bakal dibuka di seluruh kecamatan dan kelurahan. Jika masyarakat menemukan data yang perlu diperbaiki, mereka bisa langsung mendatangi panitia pemungutan suara (PPS) atau panitia pemilihan kecamatan (PPK) di wilayah masing-masing.

"Ketika terdata, kemudian ada elemen data yang salah, bisa langsung ke PPS, membawa identitas yang resmi, kemudian akan langsung diperbaiki. 
Atau ketika mengecek nama yang bersangkutan tidak ada, maka kemudian bisa datang langsung ke PPS juga, membawa identitas, nanti oleh PPS akan dimasukkan," kata dia.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600